Saturday 19 May 2012

Legenda Sepakblola Indonesia asal Majalengka

Emen Suwarman (1)

NAMA “Guru” Emen Suwarman tidak bisa dilepaskan dari sejarah prestasi sepak bola Indonesia. Pria yang lahir di Cideres Majalengka, 18 Mei 1939 itu, memiliki andil besar membawa sepak bola Indonesia berbicara banyak di tingkat Asia. Ia menempati posisi gelandang.

Meski tahun 1960-an namanya tidak setenar “Guru” Wowo Sunaryo, Ramang, Sucipto, dll, tapi dia menjadi bagian terpenting di timnas. Ia membawa timnas meraih juara pada beberapa event internasional.

Emen lahir dari keluarga sederhana. Namun, bakat sepak bolanya sudah tertanam dalam diri suami dari Sri Wulan ini. Dalam kesehariannya semasa kecil, Emen tidak pernah lepas dari bermain sepak bola. Apalagi, rumah dia di Cideres dekat lapangan sepak bola.

Karena terus menggeluti sepak bola, dia menjadi lupa belajar. Akibatnya, dia tidak lulus sekolah ketika duduk di bangku SMP. Tapi, dia tidak sakit hati, bahkan terus bermain sepak bola. Di antara teman seusianya, kemampuan teknik individunya yang terbaik di daerah Majalengka.

Beberapa kali ia dibon memperkuat klub lain mengikuti turnamen sepak bola maupun pertandingan persahabatan. “Sekali main dibayar Rp 10 sampai Rp 15,” ujar Emen mengenang.

Malang melintang bermain sepak bola di daerah Majalengka, membuat nama dia cukup terkenal. Padahal saat itu, usianya baru 16 tahun (1955). Pada usia ini juga dia diterima menjadi PNS di RS Pembantu Jati Tujuh Majalengka. Meski sudah diangkat menjadi PNS, dia tidak pernah absen seminggu tiga kali melakukan lari sejauh 5 km dari Cideres ke Barujul Pabrik Kentang PP atau ke daerah Balida Pabrik Bata. Menjadi PNS dia dibayar Rp 75 per bulan karena pendidikan dia lulusan Sekolah Rakyat (sekarang SD-red).

Emen tiga tahun memperkuat Persima Majalengka. Selama itu, dia sering memperkuat tim Korem Cirebon atau Batalyon 306 Kompi V. Karena ingin melanjutkan karier sepak bola, dia terpaksa keluar dari pekerjaannya dan berhenti menjadi PNS. Ia hanya mengenyam status PNS selama tiga tahun.



http://www.facebook.com/pages/PERSIMA-MAJALENGKA/259671044049178

No comments:

Post a Comment